Minggu, 14 Februari 2021

Bahaya Bahan Kimia di Tempat Kerja

Bahaya Bahan Kimia di Tempat Kerja - Ketika orang memikirkan bahan kimia, hal itu sering kali memunculkan gambaran tentang ilmuwan berjas putih yang bekerja keras di laboratorium, tetapi pada kenyataannya, bahan kimia juga ditemukan di banyak produk yang kita gunakan di rumah dan di tempat kerja. Dan meskipun mereka memiliki beragam kegunaan yang bermanfaat, bahan kimia juga bisa sangat berbahaya jika disalahgunakan atau ditangani secara salah.

=Mendefinisikan Bahan Kimia Berbahaya=

Standar Komunikasi Bahaya (HCS) OSHA mendefinisikan bahan kimia berbahaya sebagai 'bahan kimia apa pun yang dapat menyebabkan bahaya fisik atau kesehatan.'

Dan dengan begitu banyak karyawan yang secara teratur terpapar atau menggunakan zat berbahaya di tempat kerja, mengetahui cara mengidentifikasi bahaya bahan kimia di tempat kerja yang umum - dan cara menghindarinya - menjadi yang terpenting.

Pengusaha dengan zat berbahaya secara hukum diwajibkan untuk menyertakan label peringatan dan Lembar Data Keselamatan (SDS) dengan produk mereka karena bahaya kimiawi dan zat beracun dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang, termasuk keracunan, ruam kulit, dan gangguan paru-paru, ginjal, dan hati.

Semua bahan kimia ada di salah satu dari tiga keadaan: padat, cair atau gas. Dan sebagai penyegar sains sekolah menengah, masing-masing didefinisikan sebagai berikut:

*Padatan memiliki bentuk dan bentuk yang pasti, entah itu partikel debu atau pipa baja.

*Cairan adalah cairan tak berbentuk yang sesuai bentuk wadahnya. Pelarut dan minyak adalah contoh bahan kimia cair.

*Gas, biasanya tidak terlihat tetapi terkadang dapat dideteksi oleh rasa atau bau, adalah zat tak berbentuk yang mengembang untuk menempati semua ruang wadahnya. Oksigen dan karbon monoksida adalah contoh bahan kimia berbentuk gas.

=Bahaya Bahan Kimia di Tempat Kerja yang Umum=

Mengetahui keadaan fisik bahan kimia berbahaya merupakan faktor penting dalam memahami efek kesehatannya karena keadaan fisiknya menentukan bagaimana bahan tersebut dapat masuk ke dalam tubuh. Misalnya, gas dapat masuk ke tubuh melalui penghirupan, sedangkan cairan dapat diserap oleh kulit.

Beberapa bahaya bahan kimia di tempat kerja yang umum digunakan meliputi:

-Asam

-Zat kaustik

-Produk pembersih seperti pembersih toilet, desinfektan, penghilang jamur, dan pemutih klorin

-Perekat

-Logam berat, termasuk merkuri, timbal, kadmium, dan aluminium

-Cat

-Pestisida

-Produk minyak bumi

-Pelarut

-Toner mesin fotokopi

=Menghindari Bahaya Bahan Kimia di Tempat Kerja=

Jadi untuk memastikan keamanan bahan kimia di tempat kerja, informasi tentang identitas dan bahaya bahan kimia harus tersedia dan dapat dipahami oleh pekerja. Standar Komunikasi Bahaya (HCS) OSHA dirancang untuk memastikan bahwa informasi tentang bahaya bahan kimia dan zat beracun di tempat kerja dan tindakan perlindungan terkait disebarluaskan kepada pekerja.

Izinkan GSM membantu Anda menyederhanakan proses Anda dan memastikan keamanan dan kepatuhan dengan perangkat lunak manajemen SDS kami untuk membantu Anda membuat lembar data keselamatan Anda selalu tersedia, mutakhir, dan mudah diakses di semua perangkat. Tim kami dapat membantu Anda mengikuti peraturan yang selalu berubah untuk lembar data keselamatan Anda sehingga Anda dapat yakin bahwa Anda memberikan lingkungan terbaik untuk karyawan Anda.

Sebagai hamba dan makhluk Allah Subhanahu wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Esa, kita tetap waspada terhadap bahan-bahan kimia. Akan tetapi kita tidak perlu cemas berlebihan, sebab Allah-lah yang menakdirkan sesuatu. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

0 comments:

Posting Komentar