Penyakit yang Berkaitan dengan Sistem Reproduksi Manusia

 Penyakit pada (yang Menyerang) Sistem Reproduksi Manusia plus Latihan Soal

Berikut ini beberapa penyakit terkait sistem reproduksi manusia. Ada yang memang menyerang sistem reproduksi manusia, dan ada pula yang hanya bertempat penularan melalui sistem reproduksi manusia (tetapi menyerang sistem kekebalan tubuh manusia).

1. AIDS

Merupakan jenis penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang ditularkan melalui hubungan seksual, transfusi darah penderita AIDS, dan jarum suntik yang tercemar, atau pun ibu hamil kepada janinnya. Penyakit ini disebabkan oleh virus HIV yang menyerang Sel Limfosit T. Penderitanya memiliki sistem kekebalan tubuh yang telah rusak dan mudah terinfeksi berbagai macam penyakit yang akhirnya dapat menimbulkan kematian.

Awalnya penyakit ini tidak menunjukkan gejala serius, melainkan setelah 5-7 tahun berikutnya akan timbul gejala awal seperti antara lain: hilangnya selera makan, tubuh lemas, dan badan berkeringat secara berlebihan di malam hari. Kemudian pada fase berikutnya akan timbul bercak-bercak di kulit, terjadi pembengkakan kelenjar getah bening, mengalami diare terus-menerus, serta flu yang tidak kunjung sembuh.

2. Sifilis (raja singa)

Penyakit raja singa disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum.

3. Herpes simplex (herpes genital)

Menimbulkan gejala berupa gatal-gatal, kemerahan, dan perih pada daerah kulit kelamin. Kemudian akan timbul bintil-bintil yang melepuh dan pecah, sehingga menimbulkan luka. Penyakit ini disebabkan oleh virus Herpes simpleks (HSV).

4. Keputihan (Kandidiasis)

Merupakan penyakit yang timbul pada perempuan yang ditandai dengan keluarnya cairan putih kekuningan atau putih kental pada vagina. Cairan tersebut encer atau kental dan berbau tak sedap. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Candida albicans.

5. Gonorea (kencing nanah)

Penyakit Gonorea/ghonoroe kebanyakan menyerang laki-laki dan sedikit pada perempuan, yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorhoeae.

6. Epididimitis (radang epididimis)

Adalah penyakit peradangan pada saluran epididimis. Ditandai dengan adanya rasa nyeri dan pembengkakan pada salah satu testis.

Sebenarnya ini hanya beberapa contoh ya, masih ada beberapa lagi yang belum dibahas. Semoga di lain kesempatan bisa kita bahas. :) Dan kita berdoa semoga kita semua diberikan kesehatan serta terhindar dari penyakit-penyakit yang mengerikan, baik penyakit-penyakit yang sudah kita bahas, atau pun penyakit-penyakit lainnya, aamiin ya rabbal'alamin.


Latihan Soal:

1. Jamur yang dapat menyebabkan penyakit keputihan adalah ....

A. Neisseria sp.

B. Candida albicans..

C. Treponema pallidum

D. HIV

2. Rasa sakit ketika kencing, dan keluarnya nanah pada waktu kencing pada laki-laki, serta keputihan berwarna kuning hijau pada perempuan. Ciri-ciri tersebut dimiliki oleh orang yang mengalami penyakit ....

A. Gonorea...

B. Sifilis

C. Epididimitis

D. Herpes genitalgenital

3. Upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari PMS (penyakit menular seksual) adalah ....

A. Mengganti pakaian dalam satu kali sehari

B. Menghindari pergaulan bebas...

C. Memakai celana ketat

D. Membersihkan alat kelamin dengan tisu

4. Penyakit sistem reproduksi yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan salah satu cirinya adalah pembengkakan pada kelenjar getah bening adalah ....

A. HIV

B. Sifilis

C. AIDS...

D. Herpes

5. Dampak bagi pria yang sering memakai celana ketat bagi kesehatan organ reproduksi yaitu ....

A. Membuat testis panas sehingga meningkatkan kualitas sperma

B. Melancarkan peredaran darah

C. Munculnya keringat berlebih

D. Menyebabkan penis dan testis panas sehingga dapat menurunkan kualitas sperma..


Kunci jawaban:

1.B

2.A

3.B

4.C

5.D


((Disarikan dengan beberapa editan dari berbagai sumber)).

Komentar

Sponsor (1)

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Tes Masuk SMP Labschool (Matematika)

Jenis-jenis Penyerbukan, Pembuahan, dan Penyebaran Biji pada Tumbuhan

Contoh Soal-soal IPA SMP Bab Teknologi Ramah Lingkungan

Hewan-hewan Penghasil Listrik di Dunia

Ulat Daun Jeruk: Perubahan Warna Tubuh