Resiko dan Bahaya Terkait Bahan Kimia

Risiko dan Bahaya Terkait Bahan Kimia - Setiap hari, orang dihadapkan pada berbagai aktivitas atau produk yang dapat, dalam keadaan tertentu, menyebabkan kerugian. Ada potensi bahaya atau cedera di hampir setiap aktivitas yang kita lakukan - apakah itu saat kita menyeberang jalan, mengendarai mobil, atau bermain dalam pertandingan sepakbola. 

Sehubungan dengan kimia, istilah tersebut memiliki arti yang sangat spesifik:

Bahaya mengacu pada sifat yang melekat pada suatu bahan kimia yang membuatnya mampu menyebabkan bahaya bagi seseorang atau lingkungan. Paparan menggambarkan jumlah dan frekuensi dimana, zat kimia bersentuhan dengan seseorang, sekelompok orang atau lingkungan.

Risiko adalah kemungkinan bahaya yang timbul dari paparan tertentu terhadap bahan kimia, dalam kondisi tertentu.

  Berikut adalah contoh yang dapat dikaitkan dengan kebanyakan orang: 

Menyeberang jalan menimbulkan bahaya tertabrak mobil yang lewat. Tetapi risiko adalah kemungkinan terjadinya bahaya. Mungkin tidak ada risiko tertabrak mobil saat melintasi jalan kosong di tengah malam, tetapi berisiko tinggi di tengah jam sibuk. Mungkin ada risiko yang sangat rendah untuk tertabrak saat menyeberang dengan lampu di penyeberangan, tetapi berisiko tinggi saat berjalan menyeberang.

Jadi untuk memahami risiko, kita perlu mengetahui bahaya yang melekat (tertabrak mobil) dan tingkat keterpaparan (jumlah mobil di jalan). Begitu kita memahami risiko, kita juga dapat mengurangi atau mengelolanya - misalnya, dengan meminta penyeberangan bertanda yang lebih baik atau mengelola arus lalu lintas.

Jadi apa arti risiko dalam kaitannya dengan produk yang kita gunakan setiap hari, dan bahan kimia yang digunakan untuk membuatnya?

##Apa bahan kimia berbahaya atau berbahaya yang menjadi perhatian?

Hal pertama yang pertama. Penting untuk dipahami bahwa segala sesuatu di sekitar kita, termasuk seluruh tubuh manusia dan semua yang kita makan dan minum, seluruhnya terbuat dari bahan kimia . Dan semua bahan kimia memiliki sifat yang melekat dan dapat dijelaskan dengan bahayanya - bahkan air dan oksigen (mungkin saja minum terlalu banyak air, dan oksigen bisa meledak).

Bahan kimia yang ditemukan dalam produk sehari-hari terkadang dikritik karena berbahaya bagi kesehatan manusia. Namun, meskipun semua bahan kimia dapat dijelaskan oleh bahaya yang melekat, bahkan air dan oksigen, keberadaan bahan kimia tidak secara otomatis berarti akan menyebabkan kerusakan.

##Apakah bahaya kimiawi itu?

Kemungkinan bahaya yang sebenarnya dari paparan bahan kimia bergantung pada berbagai faktor - termasuk berapa banyak bahan kimia yang ada dalam suatu produk; bagaimana produk digunakan; dan jenis paparan bahan kimia apa yang biasanya terjadi dari penggunaan produk yang mengandung bahan kimia tersebut.

##Bagaimana kita bisa menguji paparan bahan kimia dalam produk sehari-hari?

Ada proses dimana bahan kimia dalam produk konsumen dapat dinilai keamanannya, dengan mempertimbangkan resiko, bahaya dan eksposur. Pakar ilmiah di banyak lembaga pemerintah menggunakan prosedur evaluasi, data, dan pengujian terkomputerisasi untuk menetapkan tingkat paparan yang aman untuk bahan kimia dalam produk tertentu yang diatur. Perusahaan yang memproduksi produk konsumen juga bertanggung jawab atas keamanan produk yang mereka jual, dan banyak yang melakukan evaluasi ketat dan pengujian keamanan sendiri.

Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan keamanan oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, aamiin.

Komentar

Sponsor (1)

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Tes Masuk SMP Labschool (Matematika)

Jenis-jenis Penyerbukan, Pembuahan, dan Penyebaran Biji pada Tumbuhan

Contoh Soal-soal IPA SMP Bab Teknologi Ramah Lingkungan

Hewan-hewan Penghasil Listrik di Dunia

Ulat Daun Jeruk: Perubahan Warna Tubuh