4 Buah Ini Sebaiknya Dihindari Setelah Minum Obat, Ini Alasannya.

Obat merupakan salah satu hal utama yang dibutuhkan ketika seseorang sedang merasakan gejala sakit. Obat biasa dikonsumsi untuk meringankan rasa sakit atau efek dari penyakit. Konsumsi obat biasanya memang berefek manjur untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Akan tetapi, obat juga tidak akan berguna jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan atau minuman tertentu.


Makanan atau minuman tersebut salah satunya adalah buah-buahan. Padahal banyak sekali orang yang mengkonsumsi obat bersamaan dengan buah. Terkadang dikarenakan tidak biasa dengan rasa obat yang pahit, jadi dibantu dengan buah setelahnya untuk penghilang rasa pahit.




Dalam kehidupan sehari-hari, buah-buahan tentu saja memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan kita. Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah-buahan berguna untuk mendukung berbagai fungsi dari tubuh kita.


Akan tetapi, ternyata ada beberapa jenis buah yang tidak selamanya memberikan manfaat baik, khususnya ketika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan atau selang waktu sebentar. Beberapa buah-buahan ini sebaiknya dihindari ketika kita mengkonsumsi obat seperti dirangkum dan disadur dari/oleh (Liputan6.com) dari berbagai sumber.


1) Buah Pisang

Banyak yang tidak percaya jika pisang juga merupakan salah satu buah yang seharusnya dihindari ketika mengkonsumsi obat. Alasannya, pisang adalah salah satu buah yang sering digunakan ketika seseorang tidak terbiasa menelan obat dengan air. Padahal, makan buah pisang setelah minum obat bisa menghambat kinerja obat tertentu.


Terutama pada penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) dan gagal jantung yang mengkonsumsi obat angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor. Seperti captopril, enalapril, dan fosinopril. Hal itu dikarenakan pisang mengandung banyak potassium (kalium) yang dapat mengakibatkan detak jantung yang tidak beraturan dan berdebar-debar kurang teratur/wajar.


2) Buah Apel

Biasanya, apel adalah salah satu buah yang sering dibawa saat menjenguk teman, saudara, atau keluarga yang sakit. Akan tetapi, sebaiknya hindari mengkonsumsi buah apel ketika sedang minum obat.


Buah Apel sebaiknya dihindari karena dapat menghambat penyerapan obat tertentu di dalam tubuh. Meskipun bukan buah apelnya, olahan seperti jus apel atau salad apel juga tidak boleh dimakan ketika sedang minum obat tertentu. Khususnya untuk orang-orang yang sedang mengkonsumsi obat asma, pereda demam, atau obat alergi, buah apel harus dihindari. Tetapi, jika Anda memang ingin memakan apel, berilah selang waktu selama 4 jam setelah minum obat.


3) Buah Jeruk Bali

Jeruk juga merupakan salah satu dari jenis buah-buahan yang sering dibawa ketika mengunjungi orang yang sakit. Sama halnya seperti apel, jeruk sebaiknya dihindari ketika sedang minum obat, terutama jeruk bali.


Hanya dengan satu gelas jus jeruk dapat mengganggu enzim di usus yang penting, akibatnya ia akan mengubah cara tubuh dalam metabolisme obat-obatan tertentu. Jeruk Bali sebaiknya dihindari oleh pasien yang menggunakan obat resep tertentu seperti : statin, imunosupresan, penghambat saluran kalsium, dan atau benzodiazepines. Bila Anda mengkonsumsi jeruk bali, maka akan menyebabkan efek samping dari obat-obatan tersebut menjadi semakin besar.


4) Buah Anggur

Buah yang ketiga dalam bahasan ini adalah buah Anggur. Sebaiknya hindarilah memakan buah anggur ketika Anda sedang harus mengkonsumsi obat. Alasannya adalah, jika Anda memakan anggur setelah minum obat, makan akan sia-sia saja obat yang Anda minum. Hal ini karena anggur dapat menghancurkan kandungan yang ada di dalam obat, sehingga obat tidak bisa diserap sama sekali oleh usus.


Ketika Anda mengkonsumsi obat-obat seperti obat migrain, obat anti depresan, obat diabetes, dan obat pengencer darah, sebaiknya hindarilah memakan buah anggur terlebih dahulu.


Sumber utama (dengan sedikit editan/gubahan): https://m.liputan6.com/hot/read/3934293/5-buah-ini-sebaiknya-dihindari-setelah-minum-obat-malah-menambah-penyakit


#buahdanobat

#manfaatbuah

#pantanganbuah

#pantanganminumobat

#minumobatsecarabijak

#semogasehat

Komentar

Sponsor (1)

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Tes Masuk SMP Labschool (Matematika)

Jenis-jenis Penyerbukan, Pembuahan, dan Penyebaran Biji pada Tumbuhan

Contoh Soal-soal IPA SMP Bab Teknologi Ramah Lingkungan

Ulat Daun Jeruk: Perubahan Warna Tubuh

Hewan-hewan Penghasil Listrik di Dunia