Senin, 28 Juni 2021

Identifikasi Unsur Zat Kimia dengan Uji Nyala

Identifikasi Unsur Zat Kimia dengan Uji Nyala - identifikasi unsur merupakan suatu langkah yang dilakukan untuk mengetahui keberadaan suatu unsur dalam suatu materi secara metode kualitatif. Cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan uji nyala.

Uji nyala ini bisa dilakukan misalnya dengan pembakaran kembang api. Kembang api mengandung senyawa tertentu. Jika kembang api ini dibakar, molekul-molekul yang terdapat di dalam senyawa itu akan menyerap energi, dan menyebabkan elektron pada atomnya mengalami perpindahan antar kulit atom.

Perpindahan dari kulit atom dengan energi yang lebih rendah ke kulit atom dengan energi yang lebih tinggi akan menyerap energi. Sementara itu, perpindahan elektron dengan energi yang lebih tinggi ke kulit atom dengan energi yang lebih rendah tersebut akan terlihat sebagai cahaya. Akibatnya, cahaya yang dihasilkan memiliki warna yang berbeda-beda.

Nyala dari pembakaran ini adalah sebagai berikut. Contohnya: Unsur Natrium (Na) menghasilkan warna oranye jika dibakar, Unsur Kalium (K) menghasilkan warna biru, dan unsur Litium (Li) menghasilkan warna api merah.

Berikut ini beberapa ilustrasi dari identifikasi Unsur dengan uji nyala.


Gambar: google images



Gambar: Zenius Education @googleimages


Semoga bermanfaat ya :)


Sumber rujukan artikel: Buku Fokus, Latihan Ilmu Pengetahuan Alam kelas IX, karya Sri Wulandari. Penerbit Tunas Nusa.

0 comments:

Posting Komentar