Cara Menghemat Energi Listrik pada Kulkas

Kulkas merupakan salah satu bagian penting dari isi rumah kita. Alat elektronik yang satu ini bekerja seringkali 24 jam tiap hari, kecuali jika hendak dibersihkan. Nah tentunya dengan pemakaian ekstra itu akan membuat kulkas adalah alat elektronik yang menggunakan energi listrik besar ya.

Terlepas dari itu semua, tentunya ada cara atau tips dan trik agar Kulkas ini hemat energi listrik. Dengan demikian kita akan lebih tenang dan Kulkas pun lebih efisien. :)


Apa saja cara Menghemat Listrik kulkas tersebut? Yuk cek artikel sampai selesai ya. Berikut ini penjelasannya.

1. Mengisi Kulkas sesuai kapasitas

Kulkas yang kita pakai tentunya sudah disesuaikan spesifikasinya. Salah satunya adalah kapasitas atau banyak isinya. Mengisi terlalu banyak muatan pada Kulkas akan membuat Kulkas menjadi lebih cepat panas, sehingga perlu mendinginkan secara ekstra. Sehingga banyak menggunakan daya serta energi listrik. So, listrik menjadi lebih boros.

Alangkah baiknya hanya memasukkan barang yang memang perlu dan penting. Jangan sampai Kulkas terlalu penuh. Apalagi isinya adalah tidak semuanya perlu didinginkan.

2. Perhatikan penempatan kulkas. 

Penempatan Kulkas yang baik adalah setidaknya berjarak 10-15 cm dari dinding, dan setidaknya 30 cm dari langit-langit atau bagian atapnya. Alasannya adalah agar Kulkas tidak cepat panas.

Selain itu, jauhkan Kulkas dari benda-benda yang menghamburkan energi panas, seperti kompor dan ruangan yang sempit.

3. Menutup rapat pintunya

Usahakan Anda jangan terlalu sering membuka kulkas. Setelah membuka pun usahakan pintu kulkas tertutup rapat. 

Kulkas yang terlalu sering dibuka dan dibiarkan terbuka lama akan menyebabkan daya yang digunakan menjadi memuncak. Hal ini dikarenakan Kulkas ingin menyesuaikan suhu yang mana telah tercampur oleh panas dari luar.

4. Perhatikan suhu yang kita atur

Idealnya suhu yang kita atur untuk kulkas adalah 2-4 derajat Celcius. Dan untuk freezer adalah sekitar -15 derajat Celcius. Dan alangkah baiknya untuk membaca buku panduan yang ada pada Kulkas masing-masing. 

5. Jangan simpan makanan panas

Usahakan untuk mendinginkan makanan dan minuman yang akan dimasukkan ke dalam kulkas. Suhu makanan dan minuman yang panas akan membuat kulkas menyerap energi listrik yang besar. Hal ini karena Kulkas butuh daya dan energi listrik ekstra agar isi dalam kulkas menjadi dingin seperti yang disetel.

6. Membersihkan kulkas secara rutin

Membersihkan Kulkas yang rutin dan tidak terpaut waktu lama akan membantu menghemat energi listrik. Debu dan kotoran yang menyumbat pada saluran udara dan pembuangan bisa dibersihkan dan dihilangkan. Sehingga hal ini akan membuat sirkulasi udara dalam kulkas lebih baik dan akhirnya suhu Kulkas lebih terjaga.


Baca juga: Berita biologi ngetop

Baiklah demikian info cara membuat Kulkas hemat listrik. Semoga bermanfaat. :)

Lihat juga: Link semoga bermanfaat

Komentar

  1. Nih harus di coba sih, kapan² ane mau coba dah , makasih gan tutornya

    BalasHapus

Posting Komentar

Sponsor (1)

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Tes Masuk SMP Labschool (Matematika)

Jenis-jenis Penyerbukan, Pembuahan, dan Penyebaran Biji pada Tumbuhan

Contoh Soal-soal IPA SMP Bab Teknologi Ramah Lingkungan

Hewan-hewan Penghasil Listrik di Dunia

Ulat Daun Jeruk: Perubahan Warna Tubuh