Senin, 16 Agustus 2021

Hewan-hewan Penghasil Listrik di Dunia

Beberapa hewan di dunia juga memiliki sistem kelistrikan di dalam tubuhnya. Sistem kelistrikan tersebut digunakan untuk menanggapi rangsang, menghindari musuh, mencari makan, dan untuk navigasi dalam menentukan arah. Berikut ini contoh beberapa hewan yang mengandung listrik:

1. Belut listrik

Belut listrik ini mampu menghasilkan kejutan listrik selama 1 (satu) jam, sehingga dengan hal itu dapat membunuh manusia bahkan buaya yang sebagai predatornya.

2. Hiu kepala martil

Hiu kepala martil memiliki organ yang mampu memproduksi listrik. Yang mana terletak di kedua sisi kepala dan menghasilkan tegangan listrik sebesar hingga 220 volt. Hewan hiu martil ini memiliki sensitivitas listrik terbesar yang mampu mendeteksi sinyal dari setengah milyar volt (500 juta volt) hewan lainnya. Hal ini akan memudahkannya dalam mencari mangsa.

3. Echidna

Echidna mempunyai hidung yang berbentuk memanjang dan mengandung sel-sel listrik. Sel-sel listrik tersebut berfungsi untuk mengirim sinyal listrik untuk menemukan serangga sebagai sumber makanannya. Sel-sel listrik tersebut atau yang disebut elektroreseptor echidna terus-menerus dibasahi agar lebih mudah dalam menghantarkan listrik.

4. Lele listrik

Lele air tawar ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan listrik hingga 350 volt. Selain itu, kelistrikan pada lele listrik juga diibaratkan  mampu untuk menyalakan komputer selama kurang lebih 45 menit. Organ listrik mereka membentuk suatu lapisan agar-agar di bawah kulit. Kemampuan kelistrikan pada lele listrik ini dimanfaatkan untuk menghindari predator.

5. Ikan belalai gajah

Ikan belalai gajah memiliki mulut yang panjang dan menyerupai belalai gajah. Selain itu, juga dilengkapi dengan organ yang terletak di bagian ekor dan menghasilkan listrik khusus, yang mana terdiri dari ribuan elektroplax. Dalam keadaan istirahat, masing-masing sel elektroplax tersebut memiliki muatan negatif di dalam dan muatan positif di luar. Ketika organ dirangsang melalui kontraksi otot, maka akan timbul-lah arus listrik lemah.

6. Ikan pari listrik

Ikan pari listrik ini mampu mengendalikan tegangan listrik yang terdapat pada tubuhnya. Kedua sisi ikan pari listrik ini mampu menghasilkan listrik hingga sebesar 220 volt (220 v).

Baca juga: Link semoga beruntung

Berikut ini beberapa foto dari daftar hewan-hewan penghasil listrik di atas:

Gambar 1 : Lele listrik


Gambar 2 : ikan belalai gajah



Gambar 3 : ikan pari listrik



Gambar 4 : Belut listrik




Gambar 5 : Hiu kepala martil


Gambar 6 : Echidna (landak semut)



Semoga bermanfaat bagi siswa, guru, atau pun kalangan umum.


Sumber rujukan utama (dengan beberapa editan): 

- Buku Fokus Latihan Ilmu Pengetahuan Alam karya Sri Wulandari. Kelas IX. Penerbit Tunas Nusa.

- Google images

0 comments:

Posting Komentar